Selasa, 01 Desember 2015

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SDN KATULISAN
Mata Pelajaran            : Ilmu PengetahuanAlam (IPA)
Kelas/Semester            : 1/2
Waktu                         : 2 x 35 menit (1 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi

Mengenal berbagai bentuk energy dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar.


B.     Kompetensi Dasar
·      Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batre, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet).

C.     Indikator
·         Menyebutkan sumber  energy dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mencontohkan sumber energy dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menerapkan kembali pengalaman belajar yang telah dilaksanakan.

D.    Tujuan pembelajaran
·         Melalui metode demonstrasi  dengan menggunakan media mobil mainan, bolpoint dan magnet diharapkan siswa dapat menyebutkan sumber energy gerak dalam kehidupan sehari–hari. Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energy gerak
·         Siswa mampu memahami berbagai energy dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.
·         Melalui metode ceramah dan percobaan diharapkan siswa dapat menuliskan sumber energy dalam kehidupan sehari-hari.
·         Melalui pengamatan  diharapkan siswa dapat menceritakan kembali pengalaman belajar yang telah dilaksanakan.

Ø  Karaktersiswa yang diharapkan :

o   Disiplin
o   Kerjakeras
o   Kreatif
o   Mandiri
o   rasa ingin tahu
o   Cinta tanah air
o   Bersahabat
o   Menghargai prestasi
o   Gemar membaca
o   Peduli lingkungan
o   Peduli sosial
o   Tanggung jawab

E.     Materi :
·         Energi dan perubahannya

F.      Metode Pembelajaran :
·         Ceramah.
·         Demontrasi.
·         Bermain.
·         Pemberian tugas

G.    Media Belajar
Buku IPA SD Kelas, Penerbit Buku Tematik PT.TEKINDO UTAMA
Alat dan Bahan :
Center, bolpoint, pesawat terbang kertas.




           

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuanke 1


1.                  Pendahuluan
Apresiasi dan Motivasi :

v  Salam pembuka, dengan cara  menyapa siswa tentang  keadaan siswa dan kesiapan meneri mapelajaran hari ini.
v  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
v  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran (Tanggung jawab) dan apresiasi dengan menyanyikan lagu anak-anak secara bersama-sama.
v  Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya (Rasa ingin tahu).






(10menit)
2.                  KegiatanInti

Ø  Eksplorasi
o   Guru menjelaskan  materi mengenai sumber  energy dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari (tanggung jawab).
o   Siswa menyebutkan sumber energy dalam kehidupan sehari-hari (rasa ingintahu).
o   Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan bentuk energy ( disiplin).
o   Setelah  menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energy gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energy gerak (rasa ingin tahu).
Ø  Elaborasi
o  Siswa dengan bimbingan guru memperagakan batere yang dimasukan kedalam senter, dan akhirnya senter tersebut dapat menyala, lalu baterai di buka kembali siswa dapat membuktikan senter tidak dapat menyala.(Disiplin).
o  Siswa dengan bimbingan guru melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya.
o  Siswa bersama guru membuat pesawat dari kertas. Hal ini bertujuan untuk membuktikan adanya energy angin yang dapat menggerakkan pesawat kertas tersebut untuk terbang.( kreatif ).
o  Guru memberikan waktu kepada siswa untuk menyampaikan kembali hasil belajar yang telah dilakukan didepan kelas (peduli sosial).
o  Siswa mencatat hal yang disampaikan oleh teman di depan kelas. (disiplin).
o  Siswa dengan ditunjuk oleh guru maju untuk membacakan kesimpulan sementara yang telah mereka catat (tanggung jawab).
o  Memberi tanggapan terhadap hasil siswa dengan memberikan tepuk tangan/reward (menghargai prestasi) dan konfirmasi:
o  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. ( rasa ingin tahu).
o  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman mengenai materi yang telah disampaikan (tanggung jawab).
o  Guru memberikan penguatan  dan penyimpulan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan (tanggung jawab).
o  Guru mendiktekkan kesimpulan belajar (disiplin).













(55menit)
3.                   Kegiatan akhir :
v  Penutup
4.     Siswa mengumpulkan kesimpulan yang ditekankan yang telah mereka catat.

(5menit)
5.                  Pekerjaan Rumah :
v  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati dan mencatat benda-benda yang bergerak/tidak dengan  menggunakan energy listrik.









I.       Evaluasi/penilaian:
No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrument
Skor
Jawaban

1.
Menyebutkan sumber  energy dalam kehidupan sehari-hari.


Tulisan
Essay 
Ibu memasak menggunakan energy apa?

Tv menggunakan energy?

3



3
Panas



Listrik
2.
Mencontohkan sumber energy dalam kehidupan sehari-hari.


Tulisan
Essay
Sebutkan apa saja sumber energy dalam kehidupan sehari-hari?
2
Energy angin,panas, energy, listris, energy magnet.

3.
Menerapkan kembali pengalaman belajar yang telah dilaksanakan
Tes
Praktik
Apa saja bahan atau alat-alat dalam membuat pesawat dari kertas?
2
Kertas


1)      Format Kriteria Penilaian
o   Produk (Hasil Diskusi)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
4
3
2
1








o   Performansi
No
Aspek
Kriteria
skor
1.



2.



3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
*pengetahuan
*kadang-kadang pengetahuan
*tidak pengetahuan
*aktif praktek
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif
*sikap
*kadang-kadang sikap
*tidak sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

o   LembarPenilaian
No
Namasiswa
Pengetahuan
Praktek
Sikap
Produk
Jumlahskor
Nilai
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
ADE ARFANI
ADE TRISNA I.
ANGGITA
AURA MAHARANI
DINI MISNIAWATI
ILHAM FAUZI
MAMAN S.
MARNIANTO
MARIAH
NURHAYATI D.P
NURUL DWI S.
RIZKI SA’ID
ROSIYANTI
RIKHA ANJANI
SANDRA DEWI
SANTINI
SEKAR DINA A.
SITI FAHRIAH
SUHENDRA







Mengetahui
Mahasiswa

Aat atiyaturrohmah
(2227140855)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar